Berita Pilihan
PELAYANAN PDAM TIRTA LANGKISAU UNTUK MASYARAKAT PESSEL

Jumat, 21 Jul 2023, 15:10:24 WIB - 103 | Ressy Raimonda S.Hum
Painan - PDAM Tirta Langkisau Fm yang akan membahas tentang Pelayanan Air Bersih dengan Adel Febri dan bersama narasumber kami Nadrian Akhsanov, S.Psi dan Veby Efrima , A.md. di Studio Langkisau Fm Kamis (20/7), Gedung Painan Convention Center. Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) adalah salah satu unit milik daerah, yang bergerak dalam distribusi air bersih bagi masyarakat umum.
Sumber air PADM Tirta Langkisau yang dari air permukaan yang berada di mata air, sungai, ataupun gunung dari nagari-nagari yang ada di Pesisir Selatan, khususnya sumber air Kota Painan diambil dari Timbulun dan salido Ketek yang diambil dari permukaan sungai disana. Air yang diambil tersebut langsung di alihkan ke WTP yaitu penampungan air yang telah diambil. Dibalik itu air yang telah diproses dan disaring kembali dan proses klorinisasi atau pemberian kaporit sesuai standar persentase yang dibutuhkan, dimana fungsi kaporit untuk membunuh bakteri-bakteri yang berbahaya.
Selain itu air PDAM yang bersih juga bisa dikomsumsi dengan baik, Namun pada kondisi cuaca ekstrim yang kita rasakan belakangan membuat air PDAM menjadi keruh dikarenakan pipa air yang kecil atau pipa air yang bocor sehingga membuat tanah dan lumpur masuk kedalam pipa tersebut. Air tersebut hanya dapat bisa digunakan untuk mandi tetapi tidak disarankan untuk komsumsi apabila sedang keruh karena itu akan membuat perubahan rasa pada air, sehingga PDAM selalu mematikan saluran air saat cuaca burruk untuk menghindari hal ini terjadi kepada seluruh konsumen PDAM Tirta Langkisau, dengan proses pembersihan air di WTP sekitar 1-2 x 24 jam.
Namun masyarakat jangan ragu untuk mengkomsumsi air PDAM dirumah, karena air PDAM Tirta Langkisau sudah melakukan pemeriksaan laboratorium setiap bulannya di bawah pengawasan Dinas Kesehatan Kab.Pesisir Selatan dengan standar-standar kesehatan untuk konsumsi masyarakat Demi Peningkatan Pelayanan PDAM Tirta Langkisau diharapkan para pelanggan untuk dapat membayar tagihan tepat waktu, dan PDAM Tirta Langkisau selalu memberikan pelayan yang maksimal dengan adanya Tim Gerak Cepat dan Layanan Pengaduan Aktif melalui Akun Instagram @pdam_tirta_langkisau setiap saat. PDAM Tirta Langkisau saat ini memiliki harapan untuk dapat melayani 100% masyarakat Pessel, dimana saat ini PDAM baru dapat memenuhi kebutuhan 30% masyarakat dan akan terus meningkatkan pelayan setiap saat. serta mendorong pertumbuhan perekonomian daerah.
Penulis : Natasya Widila Andini
Editor : Ressy Raimonda, S.Hum
12 Sep 2025 09:47:30 WIB DPMPTSP Pesisir Selatan Dorong Pelaku Usaha Urus PBU 25 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
12 Sep 2025 09:38:22 WIB Disdukcapil Pesisir Selatan Luncurkan Layanan Online Sidalimas 18 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
09 Sep 2025 11:40:57 WIB Dinas Pertanian Dorong Pemanfaatan Lahan Pekarangan untuk Pangan Sehat 25 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
09 Sep 2025 11:32:10 WIB Gerakan Sadar Pencatatan Nikah, Upaya Cegah Kerugian Akibat Nikah Siri 15 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
01 Sep 2025 10:06:09 WIB Karhutla Dekati Permukiman, Damkar Pessel Imbau Warga Jangan Bakar Lahan 21 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
01 Sep 2025 09:51:27 WIB Tingkat Kemiskinan di Pesisir Selatan Masih Tinggi, BPS Dorong Data Akurat untuk Kebijakan Tepat 30 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
28 Agu 2025 15:15:27 WIB Keterbatasan Bukan Halangan, Siswi SLBN 1 Painan Ukir Prestasi di Tingkat Provinsi 30 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
28 Agu 2025 15:03:37 WIB Pesisir Selatan Perkuat Layanan Antenatal Care untuk Cegah Kematian Ibu dan Bayi 23 ~ Ressy Raimonda S.Hum |
STATISTIK PENGUJUNG
0 Pengunjung Hari ini | 0 Pengunjung Kemarin | 44,189 Semua Pengunjung | 86,992 Total Kunjungan | 216.73.216.180, IP Address Anda